0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jalan Lawu Bakal Jadi Enam Lajur

timlo.net/nanang rahadian
Median jalan Lawu Dibongkar (timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar – Jalan Lawu yang melewati tengah kota Karanganyar bakal dibuat enam lajur. Tiga lajur dari arah Papahan ke timur dan tiga lajur ke barat dari Kota ke luar. Jalan tengah kota akan menjadi lebar, sama lebarnya dengan lajur di Papahan di sekitar fly over.

“Itu rencana kedepan, karena anggaran terbatas kita lakukan secara bertahap,” kata Titis Jawoto, Kadis Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Karangayar, Rabu (16/12).

Sebagaimana desain pengembangan kota, jalan dari Palur sampai Bejen akan dibuat lebar enam lajur. Namun akan dibangun secara bertahap. Pertama batas kota sampai Pegadaian, tahap kedua batas kota ke barat sampai Papahan, selanjutnya Buk Siwaluh ke timur sampai Bejen, dan tahap akhir Papahan sampai Palur.

”Namun sementara baru Papahan sampai Pegadaian saja. Sebab kalau semua membutuhkan biaya sangat besar. Jadi akan dilakukan bertahap. Yang pasti semua jalur lambat akan diurug menjadi jalur cepat semua, sehingga jalan menjadi lebar,” jelas Titis.

Titis mengatakan, selama ini keberadaan jalur lambat hampir tidak ada fungsinya. Bahkan justru membahayakan pengguna jalan. Sebab kendaraan yang melaju di jalur lambat sama cepatnya dengan jalur cepat. Apalagi kondisi jalan sama mulusnya. Karena itulah akhirnya jalur lambat dihapus.

Dia mengatakan pembongkaran baru bisa dilaksanakan akhir tahun karena menunggu adanya rekanan yang mau memanfaatkan tiang lampu penerangan jalan umum. Selain itu menunggu kepastian perbaikan jalan jalur tersebut.

”Ini sudah ada kabar dari Bina Marga Jateng, rencananya jalan dari Papahan sampai Bejen akan dinaikkan 30 centimeter. Karena itu sekalian dilakukan pelebaran dengan membongkar median jalan.”

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge