0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Soal Izin Sekaten, Dewan Sayangkan Sikap Pj Walikota

dok.timlo.net/daryono
Wahana permainan Sekaten di Benteng Vastenburg (dok.timlo.net/daryono)

Solo — Kalangan DPRD Solo menyayangkap sikap Penjabat (Pj) Walikota Solo Budi Suharto yang mempersoalkan izin wahana permainan Sekaten di Benteng Vastenburg. Pemerintah Kota (Pemkot) semestinya mendukung dan mencarikan solusi persoalan yang timbul dalam penyelenggaran Sekaten.

“Soal izin itu kan mekanisme administrasi. Tidak perlu ada hal yang diperuncing. Tradisi kan harus tepat waktu. Pemkot harusnya memberi solusi dengan berbagai hal yang timbul, termasuk mencarikan tempat. Jangan justru menyalahkan atau mengultimatum keraton,” kata Ketua Fraksi Demokrat Nurani Rakyat (F-DNR) DPRD Solo, Supriyanto, Rabu (16/12).

Supriyanto juga tidak sependapat dengan sikap Pj Walikota yang meminta wahana permainan dipindah ke Alun-alun Kidul (Alkid). Lokasi wahana permainan sebaiknya tetap di Benteng Vastenburg yang dekat dengan Alun-alun Utara (Alut).

Lebih jauh, Supriyanto juga tidak setuju dengan langkah PJ Walikota yang meminta Jl Pakubuwono steril dari pedagang Sekaten. Dengan keterbatasan area yang ada, semestinya Pemkot memaklumi kemungkinan Sekaten menimbulkan keruwetan atau kemacetan.

“Adanya dampak yang ditimbulkan ya harus dimaklumi. Kan bisa dilakukan rekayasa lalu lintas. Sekaten juga hanya satu bulan dan itu tradisi,” bebernya.

Senada, anggota Fraksi PDIP DPRD Solo, Ginda Ferachtriawan mengungkapkan Pemkot mestinya memahami Sekaten sebagai kegiatan budaya. Terlebih, lahan di Alut yang biasanya dipakai untuk Sekaten sedang digunakan untuk pasar sementara Klewer.

“Mestinya dipahami. Apalagi (Sekaten) sudah masuk kalender event. Kenapa kalau sekarang sudah dilaksakan malah baru dikatakan tidak berizin,” ujar Ginda.

Ginda membandingkan beberapa even budaya lainnya semisal Haul Habib Alwi yang bisa dilakukan rekayasa lalu-lintas. Mestinya Pemkot mencarikan solusi bukan malah menyalahkan keraton.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge