0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pilkada Boyolali, Paslon yang Ajukan Gugatan Ditunggu 3 Hari

KPU Boyolali gelar Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Pilkada (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — KPU Boyolali menyatakan siap menghadapi gugatan Pilkada, setelah pleno terbuka tingkat kabupaten rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati hasil Pilkada, Rabu (16/12). Pasangan calon (Paslon) yang hendak mengajukan gugatan ditunggu hingga tiga hari sejak hari ini.

“Kita siap menghadapi gugatan, meski kemungkinan sangat kecil sekali,” kata Ketua KPU Boyolali, Siswadi Saptoharjono, Rabu (16/12).

Dijelaskan, dalam penyampaian gugatan Pilkada, sesuai UU Nomor 8 Tahun 2015 pasal 159 tentang Pilkada, Paslon boleh mengajukan gugatan bila selisih hasil pencoblosan maksimal 1 persen. ‎Sementara untuk Boyolali sendiri, hasil perolehan suara antara Paslon 1 dan 2 selisihnya sangat jauh.

“Paslon satu mendapat 69,77 % dan Paslon 2 sebanyak 30,33 %, selisihnya sangat jauh sekali, kemungkinan kecil untuk gugatan,” tambah Siswadi.

Hasil pleno perolehan suara akan diumumkan ke publik, Jumat (18/12) besok, dan nantinya akan ditetapkan pada 21 dan 22 Desember. Hasil penetapan perolehan suara tersebut selanjutnya akan diberikan ke DPRD Boyolali untuk diajukan pengesahan kepada Kemendagri.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge