0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Rutan Boyolali Siapkan 2 Sel Bagi Penunggak Pajak

dok.timlo.net/nanin
Ruang khusus untuk pengemplang pajak di Rutan Boyolali (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Tengah II menyiapkan dua sel bagi penunggak pajak di Rutan Boyolali. Saat ini di Boyolali ada satu orang penunggak pajak yang terancam masuk ke sel tahanan karena menunggak Rp 4, 218 miliar.

“Ada, tapi harapan kami yang bersangkutan segera membayar tunggakan, sehingga tidak perlu masuk sel gijzeling,” kata Kepala Kanwil DJP Jateng II, Lusiani, ditemui saat mensidak lokasi sel penunggak pajak di Rutan Boyolali, Rabu (16/12).

Dijelaskan, sel penunggak pajak khusus untuk wajib pajak yang mengemplang pajak Rp 100 juta ke atas. Penyiapan sel penunggak pajak sendiri untuk menyongsong penerapan tahun penegakan hukum 2016. Sementara bagi penunggak pajak yang masuk sel paling lama enam bulan. Dan bila tidak segera dilunasi maka gijzeling atau penyanderaan akan ditambah enam bulan lagi.

“Tapi kita tidak langsung melakukan gijzeling, sebelumnya kita tagih dulu,lakukan penyitaan,bila tidak berhasil baru kita masukan ke sel penunggak pajak,” tambah Lusiani.

Selain itu, penerapan gijzeling juga ekstra hati-hati dan harus mendapat ijin dari Kemenkeu. Untuk di Boyolali saat ini ada 30 wajib pajak yang memenuhi syarat untuk gijzeling, dengan jumlah tunggakan pajak sebesar Rp 36,507 miliar. Dari jumlah tersebut, ada satu penunggak pajak diusulkan untuk ‎dilakukan Gijzeling dengan nilai tunggakan Rp 4,218 miliar. Namun Lusiani enggan menyebut identitas wajib pajak yang dimaksud.

“Bocoran saja, penunggak pajak dari badan usaha,” ujar Lusiani.

Karutan Boyolali, Ahmad Chudori menhelaskan, pihaknya sudah bersiap diri menampung titipan pengemplang pajak dari DJP dengan menyiapkan dua kamar khusus, satu kamar bisa menampung lima orang.

“Kita siapkan dua ruangan di pojok ruang tahanan utama,” tandas Chudori.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge