0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Asteroid Raksasa Lewati Bumi Pada Malam Natal Bisa Sebabkan Gempa Bumi

Dok: Timlo.net/ Google.
Asteroid. (Dok: Timlo.net/ Google.)

Timlo.net-– Sebuah asteroid yang besar diklaim bisa memberikan tarikan gravitasi saat melewati Bumi pada malam Natal 2015 dan menyebabkan gempa bumi dan letusan gunung berapi. Batu angkasa yang memiliki lebar 2,4 km itu dikenal sebagai 2003 SD220 dan cukup besar untuk menghancurkan sebuah benua jika terjadi tabrakan langsung.

Asteroid raksasa itu adalah satu dari 17 asteroid yang diawasi dengan teliti oleh NASA dan ahli-ahli astronomi lainnya karena kedekatannya dengan Bumi. Para ilmuwan sekarang percaya jika asteroid ini dan beberapa asteroid lain bisa lebih besar dari yang diperkirakan karena sebagian dari batu itu tertutup kegelapan.

Berita ini memicu teori konspirasi jika sebuah Planet X misterius yang berukuran empat kali lebih besar dibandingkan Jupiter akan melewati Bumi bulan ini. Sebuah laporan NASA menyatakan: “Kami melakukan radar imaging, karakterisasi fisik dan perbaikan orbit terhadap 17 NEA (near-earth asteroid) prioritas tertinggi kami pada 2015 menggunakan 294 jam.”

Asteroid itu akan melewati Bumi dengan jarak 6,7 juta mil tapi para ahli kuatir tentang efek yang dikenal dengan nama Yarkovsky drift yang bisa mengubah orbit asteroid itu, tulis the Express.

 

 

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge