0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

LPPM UNS Masuk Enam Besar Indonesia

dok.timlo.net
Rektor UNS, Prof Dr Ravik Karsidi (dok.timlo.net)

Solo – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Sebelas Maret (UNS) kini masuk enam besar sebagai lembaga peneliti di Indonesia.

“Untuk menunjang itu, sejak empat tahun lalu, UNS telah mengalokasikan dana riset minimum 10 persen hingga 15 persen dari PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) tiap tahun. Tahun terakhir kemarin sekitar Rp 63 Miliar,” jelas Rektor UNS, Prof Dr Ravik Karsidi kepada Timlo.net, di Rektorat UNS, Solo, Selasa (15/12).

Ravik mengakui, memang tidak banyak perguruan tinggi mengalokasikan seperti itu, dan seiring dengan itu UNS juga memberi reward bagi peneliti-peneliti UNS yang hasil penelitiannya ditulis pada majalah ataukah jurnal internasional. Bahkan bagi yang berhasil termuat pada Jurnal Internasional mendapatkan reward sebesar Rp 25 Juta.

“Pola ini ternyata diadopsi oleh Kementerian Ristek Dikti,” ujarnya.

Untuk mendorong riset selama ini, menurut Rektor UNS, penilaiannya melalui peer group, dimana ada kelompok-kelompok dosen yang secara khusus memang berkembang baik. Sehingga belakangan ini banyak tumbuh inventor di UNS.

“Untuk itu, hasil riset tidak berhenti pada sebatas publikasi ilmiah, tetapi dilanjutkan pada hilirisasi,” jelasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge