0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kasus Dugaan Money Politic Dihentikan Panwaslu

timlo.net/aditya wijaya
Staf Panwaslu Klaten menunjukkan barang bukti uang dan gambar paslon no 3 di Desa Malangan, Tulung (timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Kasus dugaan praktik money politic di Dukuh Pulon, Desa Malangan, Kecamatan Tulung, dihentikan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Klaten. Pasalnya tidak ditemukan tindak pelanggaran sesuai Undang-Undang Nomor 8 tahun 2015 yang mengatur tata cara pemilihan gubernur, bupati, dan walikota.

“Tidak terpenuhinya unsur-unsur pelanggaran pemilu sebagai mana tercantum di UU No 8/2015. Jadi tidak kita limpahkan ke Tim Gakkumdu (penegakan hukum terpadu),” ungkap anggota Divisi Kelembagaan dan Sumber Daya Manusia Panwaslu Klaten, Suharno, Selasa (15/12).

Dijelaskan, kasus tersebut baru pemufakatan jahat, belum ada bukti bagi-bagi uang. Meskipun para pelapor sudah mengamankan barang bukti berupa 25 amplop berisi uang Rp 20 ribu, kartu bergambar tanda coblos dan stiker pasangan calon (paslon) nomor urut tiga Sri Hartini-Sri Mulyani.

“Tindakan para pelapor di rumah Hadi Bejo itu merupakan tindakan pencegahan politik uang. Karena pada saat itu tidak ditemukan peristiwa transaksi politik uang. Belum terjadi (bagi-bagi uang) tapi sudah ditangkap,” kata Suharno.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge