0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemkot Minta Permainan Sekaten di Benteng Vastenburg Dipindah

dok.timlo.net/achmad khalik
Pedagang gerabah di arena Sekaten di Alun-alun Utara Keraton Solo (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo – Pemerintah Kota (Pemkot) Solo mempertanyakan wahana permainan Sekaten di halaman Benteng Vastenburg. Hingga kini, Pemkot mengaku belum menerima ijin wahana permainan di Benteng Vastenburg.

“Saya baru ngecek, yang memberikan ijin siapa itu. Saya pikir kita berhadapan dengan kawasan bangunan cagar budaya. Apakah boleh atau tidak. Kalau saya kurang sependapat. Saya sudah tanya ke Satpol PP, BPMPT (Badan Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu), Dishubkominfo, belum ada (ijin). Saya tanya ke kepolisian juga belum (ada ijin),” kata Penjabat (Pj) Walikota Solo, Budi Suharto kepada wartawan, Selasa (15/12).

Meski Benteng Vastenburg merupakan lahan privat, lanjut Budi, perijinan kegiatan keramaian seperti Sekaten seharusnya dikomunikasikan dengan Pemkot. Budi meminta meminta wahanan permainan itu dipindah ke Alun-alun Kidul. Lokasi di Benteng Vastenburg dikhawatirkan juga menimbulkan titik kemacetan lalu lintas di Jalan Jenderal Sudirman.

“Saya minta dipindah di Alkid. Teman-teman kita, saudara-saudara kita itu bagus. Bagusnya itu begini, belum punya semacam ijin yang penting maju dulu. Dibangun dulu. Memang itu perseorangan, tetapi karena berkaitan dengan publik itu menjadi kewenangan Pemkot,” jelas dia.

Di sisi lain, Budi juga meminta kawasan Jl Pakubuwono steril dari pedagang Sekaten. Pedagang hanya diperbolehkan berdagang di sepanjang pagar Alut lantaran berpotensi menimbulkan kemacetan. Jika pedagang yang berdagang melebihi kapasitas tempat, pengelola Sekaten diminta membatasi jumlah pedagang.

“Kalau tidak cukup ya mestinya harus dibatasi. Kalau kapasitasnya 10, yang nunggu 15, ya tidak bisa mereka semua harus dimasukkan. Jadi tidak boleh (Jl Pakubuwono) untuk jualan,” ujar dia.

Terpisah, kerabat Keraton Surakarta, KRMH Satriyo Hadinagoro mengaku heran dengan dengan larangan Pemkot menempatkan wahana permainan di Benteng Vastenburg. Pihak keraton sudah jauh-jauh hari mengajukan permohonan penggunaan Benteng Vasteburg sebagai lokasi wahana permainan Sekaten.

“Pemkot ini maunya apa. kami sudah lama meminta ijin penggunaan Benteng kepada Pemkot dan pemilik, lha kok baru sekarang di respon. Di Benteng kan sudah ada wahana permainan. Apa ya mau dipindah ke Alkid,” keluh dia.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge