0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Polsek Pasar Kliwon Siapkan Skenario Khusus Perayaan Sekaten

Lantaran di dalam alut dipakai untuk pasar sementara, pedagang sekaten ditempatkan di luar pagar alut (timlo.net/daryono)

Solo — Perayaan Sekaten yang pecah di dua tempat mengakibatkan skenario pengamanan pasar hiburan rakyat ini berbeda dari tahun sebelumnya. Pasalnya, lokasi utama yang biasa digunakan kini dialih fungsikan sementara untuk pasar darurat pedagang Pasar Klewer yang terkena musibah kebakaran pada akhir tahun kemarin.

“Kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Jika tahun lalu terlokalisir di satu tempat yakni, Alun-Alun utara (Alut) sekarang kekuatan harus dipecah menjadi dua bagian. Yang satu di Alut dan sebagian di Benteng Vastenburg,” kata Kapolsek Pasar Kliwon, AKP Nur Prasetyantoro saat dihubungi Timlo.net, Selasa (15/12) siang.

Skenario pengamanan untuk mewujudkan suasana aman dan nyaman di lokasi Sekaten tersebut, kata Kapolsek, juga turut melibatkan stakeholder terkait. Seperti Pemkot Solo, Keraton Kasunanan hingga kelompok masyarakat.

Terkait bentuk pengamanan yang diterapkan, Kapolsek mengaku pihaknya menerjunkan sejumlah anggota serse dan intelejen. Supaya, ruang gerak pihak-pihak yang akan membuat kegaduhan dapat diantisipasi. Sedangkan, Linmas dari Pemkot Solo nantinya juga akan diberi instruksi untuk tetap siaga mengamankan gelaran yang akan berlangsung selama sebulah penuh tersebut.

“Kami telah memberi peringatan, supaya jika terdapat copet atau pelaku yang membuat onar di kawasan Sekaten hendaknya diserahkan kepihak berwajib,” jelas Kapolsek.

Selain mengantisipasi aksi copet yang kerapkali dikeluhkan masyarakat saat perayaan Sekaten, Kapolsek juga menghimbau supaya para pedagang juga turut menjaga ketertiban. Hendaknya mereka (pedagang) mematuhi peraturan yang telah dibuat oleh pihak penyelenggara. Supaya, tidak terjadi gesekan yang memicu hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kami sudah mengantisipasi berbagi bentuk hal yang tidak diinginkan saat perayaan Sekaten,” tegas Kapolsek.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge