0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Gelombang Tinggi dan Angin Kencang Melanda Perairan Bangka

iustrasi gelombang (merdeka.com)

Timlo.net – Potensi angin kencang dan gelombang setinggi lima meter mengancam perairan Bangka Belitung (Babel), Rabu (16/12). Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Pangkal Pinang mengeluarkan peringatan dini.

“Ketinggian gelombang ini diperkirakan akan terjadi di Selat Karimata bagian selatan dengan kecepatan angin mencapai 38 kilometer per jam,” kata Staf Koordinator Unit Analisa pada Kantor BMKG Pangkal Pinang, Deas Achmad Rivai di Pangkal Pinang, Selasa (15/12).

Dia mengatakan, pihaknya telah mengimbau agar nakhoda kapal dan pengguna jasa transportasi laut lainnya lebih meningkatkan kewaspadaan dan mengurangi aktivitas di perairan.

“Kita mengimbau pengguna jasa perhubungan laut terutama nelayan untuk mewaspadai kondisi cuaca buruk ini, karena bisa mengakibatkan kecelakaan laut dan mengancam keselamatan jiwa,” ujarnya.

BMKG juga mencatat adanya peringatan dini ketinggian gelombang di perairan Babel lainnya yakni Selat Gelasa mencapai empat meter.

“Gelombang tinggi juga berpotensi terjadi di utara dan selatan Pulau Bangka dengan ketinggian mencapai 2,5 meter, dan kecepatan angin berkisar antara 13-32 kilometer per jam,” katanya.

Sedangkan ketinggian gelombang laut di Selat Bangka berkisar antara satu hingga 1,5 meter, dengan kecepatan angin mencapai 27 kilometer per jam dari arah barat menuju utara.

Berdasarkan pantauan satelit cuaca, kondisi daratan Babel masih berpeluang terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

“Hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di Kabupaten Bangka Selatan dan Kota Pangkal Pinang, sementara hujan dengan kategori sedang diprediksi terjadi di Kabupaten Bangka, Bangka Barat, Bangka Tengah, Belitung dan Belitung Timur,” katanya.

Menurut dia, hujan yang terjadi di daratan ini akan disertai angin berkecepatan enam hingga 18 kilometer per jam dengan suhu udara mencapai 32 derajat celcius.

[cob]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge