0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kentut Secara Teratur Baik Untuk Kesehatan

Makanan dari gandum utuh. (Dok: Timlo.net/Simpletruth.com)

Timlo.net-– Walaupun menimbulkan rasa malu bila dilakukan di tempat umum, kentut menjadi tanda jika Anda memakan makanan sehat. “Kami melihat bahwa mereka yang makan gandum utuh lebih sering kentut, beberapa kali dalam sehari,” kata pemimpin penelitian Stine Vuholm dari University of Copenhagen, Denmark, dilansir oleh Daily Mail.

“Tapi mereka yang tidak makan biji utuh, seringkali merasa kembung dan lelah selama periode yang sama,” tambahnya.

Makanan biji utuh mengandung semua bagian penting dan nutrisi alami yang ada dalam gandum. Umumnya kulit ari dan bagian lain dari biji yang mengandung serat dan vitamin dalam produk gandum atau beras dihilangkan. Sementara pada produk makanan biji utuh, kulit ari tidak dihilangkan.

Dalam penelitian terbaru, para peneliti merekrut 75 peserta untuk menganalisa efek dari gandum utuh terhadap perut. Mereka dibagi dalam dua kelompok. Yang pertama diberikan makanan dari biji utuh, sementara kelompok kedua tidak diberikan makanan dari biji utuh.

Mereka yang makan makanan biji utuh merasakan jika makanan dicerna lebih lama dibandingkan makanan biasa. Vulhom berkata jika sering kentut mungkin tidak menyenangkan tapi menjadi tanda kesehatan yang baik. “Mungkin tidak nyaman secara sosial tapi baik untuk membuang angin di dalam perut. Jika Anda tidak bisa membuat gas di dalam usus, maka gas itu bisa menimbulkan sakit perut dan membuat Anda merasa kembung,” kata sang peneliti tersebut.

Penelitian sebelumnya menunjukkan jika makanan biji utuh bisa menurunkan resiko terkena penyakit jantung, stroke, diabetes tipe 2 dan bisa menjaga berat badan yang sehat.

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge