0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Triwulan III, Ekonomi Solo Membaik

Bandoe Widiarto (timlo.net/setyo puji s)

Solo – Pertumbuhan ekonomi di wilayah Soloraya pada Triwulan III 2015 diperkirakan meningkat jika dibandingkan periode sebelumnya. Hal itu terjadi seiring dengan membaiknya kondisi ekonomi yang ditunjang dengan realisasi anggaran dari pemerintah.

“Pertumbuhan ekonomi di Soloraya sebenarnya tidak bisa lepas dari kondisi ekonomi secara nasional maupun global. Namun demikian jika diamati trendnya memang cenderung meningkat jika dibandingkan pada Triwulan sebelumnya,” ujar Kepala kantor perwakilan BI Solo, Bandoe Widiarto kepada wartawan, Senin (14/12).

Dikatakanya, jika dilihat dari daya beli masyarakat atau konsumsi cenderung mulai ada peningkatan, baik dari sisi kredit kendaraan bermotor maupun penggunaan listrik disegmen rumah tangga.Meningkatnya konsumsi masyarakat pada Triwulan III juga didorong adanya beberapa momen, seperti hari raya Idul Fitri, ajaran baru serta gaji ke 13 bagi PNS.

“Secara keseluruhan pada produk domestik bruto (PDB) memang terjadi peningkatan. Jika pada periode sebelumnya hanya 5,0 persen pada Triwulan ketiga mencapai 5,2 persen,” terangnya.

Bandoe menjelaskan, meningkatnya pertumbuhan ekonomi tersebut selain karena membaiknya kondisi ekonomi global juga beberapa faktor lainya ikut mendukung. Misalnya realiasasi belanja pemerintah dan juga investasi.

Sementara untuk inflasi Solo sendiri, ia menyampaikan jika pada triwulan III tercatat sebesar 5,27 persen (yoy), lebih rendah dibandingkan inflasi Triwulan sebelumnya yang mencapai 5,75 persen (yoy).

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge