0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tak Bisa Akses Laporan Dana Kampanye, Transparansi KPU Disoal

dok.timlo.net/daryono
Ketua Panwaslu Solo, Sri Sumanta (dok.timlo.net/daryono)

Solo — Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Solo mempersoalkan sikap Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo yang tidak memberikan salinan laporan penerimaan dan pengeluaran dana kampanye (LPPDK). Sebagai dokumen publik, LPPDK semestinya bisa diberikan tanpa menunggu proses audit.

“Saya kira LPPDK adalah data publik, informasi publik. KPU tidak punya hak merahasiakan. Ada apa kok kami tidak boleh meminta data itu sekarang ? Kok harus menunggu audit ?,” kata Ketua Panwaslu Solo, Sri Sumanta kepada wartawan, Senin (14/12).

Untuk diketahui, LPPDK yang berisi daftar sumbangan dan pengeluaran biaya kampanye pasangan calon walikota dan calon wakil walikota sudah diserahkan ke KPU pada 7 Desember lalu. Saat ini, LPPDK dua Paslon itu sedang dalam proses audit kantor akuntan publik (KAP).

Sumanta melanjutkan, di daerah lain, seperti Klaten, Panwaslu dapat memperoleh LPPDK tanpa menunggu proses audit KAP. Terlebih, dalam regulasi KPU, tidak ada larangan KPU memberikan LPPDK ke Panwaslu.

“Di Peraturan KPU tidak dilarang. Memang tidak ada kewajiban KPU memberi, tetapi Panwaslu punya hak meminta,” ujar dia.

Dengan belum diberikannya LPPDK, masyarakat tidak bisa ikut mengontrol apakah LPPDK yang disampaikan ada kejanggalan ataukah tidak.

“Harusnya masyarakat boleh tahu. Masyarakat juga bisa ikut mengontrol. Misalnya rumahnya saja belum beres kok nyumbang Rp 50 juta, duit dari mana. Jangan-jangan hanya atas nama saja,” beber dia.

Menanggapi hal itu, Komisioner Divisi Hukum, Pencalonan dan Kampanye KPU Solo, Nurul Sutarti menguraikan secara substansi, LPPDK menjadi kewenangan KAP. Lantaran itu, KPU langsung memberikan LPPDK ke KAP setelah KPU menerima dari Paslon.

“Kami lebih melihat kebenaran substansial adalah wewenang KAP. Sehingga tidak dapat dipublish sebelum diaudit,” ujar dia.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge