0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pasokan Elpiji 3 Kilogram Dipastikan Aman Hingga Akhir Tahun

dok.merdeka.com
LPG 3 kg (dok.merdeka.com)

Karanganyar — Pasokan elpiji ukuran 3 kilogram di Kabupaten Karanganyar dipastikan aman hingga akhir tahun 2015. Bahkan prediksi kenaikan konsumsi barang bersubsidi itu pada Natal dan tahun baru telah diantisipasi sejak dini.

“Konsumsi reguler tanpa ada momentum hari besar mencukupi dan cenderung melimpah. Dengan perkiraan kenaikan konsumsi tak lebih dari 7,5 persen, jumlah pasokan saat ini masih mencukupi. Sehingga tidak ada alasan meminta jatah fakultatif,” kata Kepala Bagian Perekonomian Setda Karanganyar Timotius Suryadi, Senin (14/12).

Timotius mengatakan, kuota elpiji 23.718 tabung per hari terhitung mencukupi kebutuhan masyarakat menyambut dua hari libur nasional di akhir tahun tersebut. Hal ini dihitung berdasarkan serapan harian di luar momentum khusus.

Berdasarkan hasil cek pangkalan elpiji di wilayah perkotaan, harga elpiji tabung 3 kilogram relatif standar dan tak mengalami problem distribusi dari agen. Bagian Perekonomian juga meminta laporan lengkap operasional 11 agen dan 1.490 pangkalan elpiji di Karanganyar yang tersebar di 177 desa/kelurahan.

“Hiswana Migas dan Pertamina mengoptimalkan suplai di akhir tahun dengan merencanakan tepat jumlah kebutuhan masing-masing daerah. Sehingga pada akhir tahun tidak terjadi panic buying yang menyebabkan kelangkaan,” jelas Timotius.

Namun demikian, ia meminta agen dan pangkalan elpiji mengantisipasi kelangkaan barang yang biasanya terjadi saat libur bersama, dimana kebanyakan pegawai perusahaannya tak melayani pengiriman. Wilayah potensial mengalami kelangkaan barang berada di perbatasan antarkabupaten seperti Jatipuro, Colomadu, Mojogedang dan Jenawi.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge