0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tim SAR Polres Karanganyar Siaga Bencana

dok.timlo.net/nanang rahadian
Anggota Polsek Jaten memeriksa Sarpras (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Polres Karanganyar menyiagakan 700 personel terlatih dalam mendukung operasi siaga bencana alam. Para personel yang tergabung di tim Search and Rescue (SAR) Polri ini dibekali sarana dan prasarana (Sarpras) tanggap darurat.

“Pemeriksaan Sarpras tanggap darurat bencana ini, penting dilakukan untuk mengetahui kesiapan Tim SAR Polri yang diperbantukan secara lintas sektoral di bawah koordinasi Pemda Karanganyar,” kata Kasubbag Humas Polres Karanganyar AKP Rokhmad kepada wartawan, Senin (14/12).

Satu paket Sarpras yang berada di mobil backbone Polsek berjumlah 16 alat. Di antaranya mesin diesel 6.500 volt, gergaji mesin, sleeping bag, garis polisi, tabung oksigen.

“Itu peralatan standar yang harus ada di mobil backbone Polsek. Selain peralatan, personelnya juga harus siap,” kata AKP Rokhmad.

Menurutnya, anggota tim SAR Polri yang beranggotakan satu peleton ini cukup tangguh menghadapi situasi genting. Mereka juga terlatih menggunakan peralatan lapangan itu serta memberikan pertolongan pertama korban bencana alam. Dengan koordinasi aktif di bawah komando Pemda, personelnya mampu merespons cepat peringatan dini bencana.

“Di musim penghujan ini, para anggota lebih intens patroli ke lapangan. Apabila ada pohon tumbang atau tanah longsor, maka mereka siap dengan sarpras di lokasi. Tiap Polsek memiliki minimal empat sampai 8 personel SAR Polri,” katanya.

Menurut pengamatannya, potensi longsor membayangi wilayah lereng Gunung Lawu seperti di Ngargoyoso, Jenawi, Tawangmangu dan Karangpandan. Sedangkan banjir Bengawan Solo mengancam wilayah di bantaran seperti Kebakkramat dan Gondangrejo.

Polres Karanganyar memastikan kesiapan peralatan SAR, antara lain perahu karet, kendaraan evakuasi, kendaraan dobel kabin milik 17 Polsek, truk pengangkut personel, mobil ambulans, mobil olah TKP Inafis, mobil Patwal dan peralatan pendukung lainnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge