0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Korban Bendung Manganti Antarkan NH Fitria Juarai FFD Pelajar 2015

merdeka.com
Korban Bendung Manganti Antarkan NH Fitria Juarai FFD Pelajar 2015 (merdeka.com)

Timlo.net – Pelajar SMK Muhammadiyah Majenang, Cilacap, Nur Hidayatul Fitria berhasil meraih film dokumenter terbaik kategori pelajar dalam Festival Film Dokumenter (FFD) 2015 yang digelar di Yogyakarta, Sabtu (12/12) malam.

Dalam film berjudul ‘Korban Bendung Manganti’, Nur Hidayatul mengangkat fenomena penderitaan warga yang terimbas pembangunan Bendungan Manganti di Desa Tarisi Kecamatan Wanareja, Cilacap.

Dalam film tersebut, digambarkan warga selama berpuluh tahun harus hidup di tengah genangan air. Pun banyak warga yang kehilangan pekerjaan dan lahannya tak bisa ditanami.

“Ini saya maknai sebagai dukungan untuk terus berkarya. Dengan penghargaan ini, semoga film saya bisa dapat perhatian pemerintah kabupaten untuk segera memberikan solusi terhadap persoalan yang saya angkat dalam film ini,” katanya, Minggu (13/12)

Film tersebut, jelas Nur, diproduksi Dangerous Production pada Oktober 2014 silam. Saat itu, ia membuatnya bersamaan dengan program Praktik Kerja Industri di Taman Belajar Multimedia (TBM) Sangkanparan Cilacap.

Sebelum meraih yang terbaik dalam FFD 2015, film ini pernah meraih penghargaan dokumenter terbaik Festival Film Purbalingga 2015, film terfavorit ajang Youth Sineas Award Bali 2015 dan dokumenter terbaik Festival Film Esemka 2015 di Cilacap.

Seorang Dewan Juri FFD 2015, BW Purbanegara menjelaskan, film dokumenter pelajar terbaik tahun ini, berhasil mengangkat isu politis. Film garapannya membingkai persoalan dengan perspektif yang tepat.

“Film ini memotret ketidakadilan negara terhadap warganya. Tidak jatuh pada sekedar mengeksploitasi korban sebagai korban. Namun, berhasil menyisipkan satu bentuk optimisme melalui subjek-subjek yang masih mampu melihat peluang untuk berjuang,” ujarnya.

Pegiat TBM Sangkanparan, Insan Indah Pribadi berharap dukungan sekolah terhadap siswa yang ingin berkarya. Prestasi semacam ini, katanya, kelak menjadi bekal mereka untuk melanjutkan pendidikan dan mengangkat nama Cilacap.

“Nur adalah pelajar yang kritis. Saya sangat berharap adanya dukungan buat dirinya untuk terus berkarya, terutama sekolah dan juga orang tua,” katanya.

Selain film “Korban Bendung Manganti”, film karya pelajar SMK 1 Karanggayam Kebumen, Sugeng, berjudul “Penyadap Pulut” juga menjadi nominator FFD 2015. Film ini juga hasil program Prakerin di TBM Sangkanparan Cilacap.

[hhw]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

KEMBALI KE ATAS badge