0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Terdapat Pemilih Ganda, Dua Lokasi Coblos Ulang

Ilustrasi Pilkada Serentak
Ilustrasi Pilkada Serentak ()

Timlo.net — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau menggelar pelaksanaan pencoblosan suara ulang di dua kabupaten, yaitu Kepulauan Meranti dan Kabupaten Rokan Hilir, Minggu (13/12). Hal ini dilakukan karena ditemukannya pemilih ganda pada pencoblosan 9 Desember kemarin.

Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Zahwani Pandra Arsyad mengatakan, pihaknya melakukan pengawalan ekstra, mulai dari pemungutan suara hingga membawa kembali surat suara ke kecamatan.

“Pemilihan ulang tersebut berjalan kondusif, setelah dikawal ketat pihak Kepolisian. Potensi konflik dan gangguan keamanan lainnya bisa diredam,” ujarnya.

Dikatakan Pandra, pemilihan ulang tersebut dilakukan di tempat pemilihan suara (TPS) 005 Desa Kedabu Rupat Kecamatan Rangsang Barat Kabupaten Kepulauan Meranti dengan 471 orang pemilih.

“Proses distribusi dilakukan lewat darat dan lewat perairan. Tim terus melakukan pengawalan hingga ke proses penghitungan di KPU,” katanya.

Sementara itu, pemungutan suara juga berjalan kondusif di dua TPS di Kecamatan Rimbah Melintang, Kabupaten Rokan Hilir. Di sini juga ditemukan kasus pemilih ganda yang mengakibatkan diulangnya pemungutan suara.

Kapolres Rokan Hilir AKBP Subiantoro mengatakan polisi menempatkan enam personel di masing-masing TPS yaitu di TPS 001 Desa Teluk Pulau Hilir dengan jumlah pemilih 397 orang, dan di TPS 001 Desa Teluk Pulau Hilir Kecamatan Rimbah Melintang dengan 397 orang pemilih.

“Semuanya berjalan kondusif hingga pemilihan berakhir,” kata dia.

Sebelumnya, KPU menemukan adanya pemilihan suara yang dilakukan dua kali di TPS yang berbeda, saat pelaksanaan Pilkada serentak 9 Desember 2015. Pemilihan ganda itu terjadi di kabupaten Kepulauan Meranti dan Rokan Hilir.

Sembilan Kabupaten/Kota di Riau melaksanakan Pilkada Serentak, 9 Desember 2015, diikuti oleh 26 pasangan. Daerah-darah itu, yakni Kotamadya Dumai, Kepulauan Meranti, Bengkalis, Indragiri Hulu, Rokan Hilir, Rokan Hulu, Kuantan Singingi dan Pelalawan.

[cob]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge