0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sekaten Resmi Dimulai, Kondisi Masih Sepi

Lantaran di dalam alut dipakai untuk pasar sementara, pedagang sekaten ditempatkan di luar pagar alut (timlo.net/daryono)

Solo — Meski resmi dimulai Sabtu (12/12) kemarin, perayaan Sekaten di Alun-alun Utara (Alut) Keraton Surakarta terlihat masih sepi. Di lokasi terpisah, halaman Benteng Vastenburg yang juga menjadi kawasan digelarnya Sekaten, pengelola main baru mulai menyiapkan wahana permainan mereka.

“Mulai dagang tadi malam mas. Sebenarnya ya enak di dalam (Alut),” kata Mulyo, pedagang gerabah asal Jepara, kepada wartawan.

Pantauan Timlo.net, Minggu (13/12), puluhan pedagang sebagian besar sudah menggelar dagangan di luar pagar Alut. Mereka menggunakan bahu jalan untuk berdagang. Pedagang berjualan di luar pagar lantaran di dalam pagar dipergunakan untuk pasar sementara Klewer.

Lelaki 57 tahun ini mengatakan pedagang gerabah banyak diberi tempat berjualan di luar pagar Alut. Sementara pengelola wahana mainan dan beberapa pedagang lainnya di tempatkan di Benteng Vastenburg.

Lokasi berjualan di bahu jalan diakui Mulyo membuat dirinya was-was. Ia khawatir, pembeli akan menurun lantaran lapaknya langsung berhadapan dengan lalu lalang kendaraan di depan Pasar Cinderamata.

“Masih sepi mas. Was-was juga nanti. Pembeli kan kurang nyaman kalau kendaraan banyak lewat,” ujar dia.

Bandi (50), pekerja yang mendirikan wahana permainan di Benteng Vastenburg mengatakan penyiapan wahanan permainan diperkirakan butuh waktu tiga hari. Diperkirakan, Selasa (15/12), wahana permainan seperti kincir angin, kuda putar baru beroperasi.

“Kalau tidak Senin, ya Selasa mulai beroperasi,” kata dia.

Sementara, kerabat Keraton Kasunana Surakarta, KRMH Satriyo Hadinagoro mengatakan pedagang Sekaten mulai berdatangan sejak Sabtu (12/12) kemarin. Namun, seluruh pedagang diperkirakan full berjualan pada 15 Desember nanti.

“Pedagang mulai berjualan semua pada 15 Desember mengingat 18 Desember gamelan sekaten keluar dan dibunyikan di Masjid Agung Surakarta,” ungkap dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge