0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hari HAM, Mahasiswa Solo Anggap Perlakuan MKD ke Sudirman Langgar HAM

timlo.net/daryono
Teatrikal BEM UTP di cfd memperingati Hari HAM (timlo.net/daryono)

Solo — Dua orang yang melumuri badannya dengan cat dirantai oleh dua orang berpakaian parlente, mengenakan jas. Tidak hanya itu, dua orang yang sudah teraniaya itu juga mendapat ’pemukulan’ dengan stick bisbol dan pedang kayu.

Kejadian di atas merupakan aksi teatrikal yang dilakukan oleh 19 anggota Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Tunas Pembangunan (UTP) di Car Free Day (CFD) Jl Slamet Riyadi, Minggu (13/12). Aksi digelar memperingati Hari Hak Asasi Manusia (HAM), 10 Desember.

“Kita teatrikal di sini dalam rangka hari HAM. Kita menyoroti kasus Setya Novanto (Ketua DPR – Red) yang dilaporkan ke MKD. Kenapa Menteri ESDM, Sudirman Said sebagai pelapor kok malah dihakimi ? Itu kan melanggar HAM,” kata Koordinator Aksi, Indra Yudha R, kepada wartawan usai aksi.

Dalam aksi teatrikal, terang Indra, dua orang berlumuran cat putih digambarkan sebagai Sudirman Said. Sedangkan dua orang berjas digambarkan sebagai Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD). Sebagai pelapor, Sudirman justru dianiaya oleh dua anggota MKD.

Disinggung pesan yang hendak disampaikan kepada masyarakat, Indra berharap masyarakat untuk tidak takut ketika melaporkan sesuatu hal yang dianggap menyimpang.

“Kalau kita jadi Menteri ESDM, jangan takut. Kalau menegakkan keadilan jangan setengah-setengah. Intinya tidak boleh takut,” jelas dia.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge