0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Faisal Basri : Ekonomi Melambat Karena Pertumbuhan Industri Rendah

timlo.net/setyo puji s
Faisal Basri (timlo.net/setyo puji s)

Solo – Pertumbuhan ekonomi Indonesia sampai dengan 2015 masih dinilai lambat jika dibandingkan negara tetangga yang lain. Untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi tersebut pemerintah diminta lebih fokus memperbaiki sektor industri.

“Sangat wajar jika pertumbuhan kita melambat. Karena dari sektor industri selama 10 tahun terakhir tumbuh dibawah rata-rata, atau hanya 3,8 persen – 4 persen,” ujar Dosen UI dan juga pengamat ekonomi, Faisal Basri kepada wartawan, kemarin.

Dirinya mengatakan, karena rendahnya pertumbuhan sektor industri tersebut menyebabkan proteksi sosial masyarakat Indonesia sangat minim. Sehingga dengan demikian cukup rentan terhadap kemiskinan.

“Tidak ada negara besar tanpa memperkokoh sektor industri. Karena bagaimanapun juga sektor ini mampu menyerap tenaga kerja formal terbesar, sehingga menghasilkan kelompok menengah yang tangguh,” jelasnya.

Faisal juga menilai, beberapa paket kebijakan ekonomi yang digulirkan pemerintah mulai dari jilid I-VII saat ini sudah cukup bagus. Meskipun dampaknya belum terasa namun dengan paket ekonomi tersebut dapat merangsang pertumbuhan industri.

“Ibarat kesehatan, paket ekonomi ini seperti pembakar lemak. Karena dengan insentif yang diberikan bisa mengurangi biaya yang seharusnya memang tidak harus ada,” ungkapnya.

Hanya saja dia berpendapat, jika seharusnya pemerintah bisa membuat terobosan baru lagi, yaitu dengan melakukan konsolidasi bank agar dapat menekan suku bunga. Selain itu dengan adanya penyatuan bank manfaatnya akan lebih banyak, mulai dana yang dihimpun lebih besar dan biaya infrastruktur yang dikeluarkan relatif lebih minim.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge