0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Transmigrasi Kurang Populer di Kalangan Anak Muda?

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Jafar (merdeka.com)

Timlo.net – Program transmigrasi dinilai kurang populer di kalangan generasi muda. Sebab, masyarakat transmigran terkesan bakal menjadi petani konvensional hidup terbatas di pedesaan.

“Masyarakat yang dipindahkan sebagai transmigran, juga terkesan hanya terdiri dari masyarakat yang tidak mempunyai keterampilan atau kompetensi,” ujar Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Jafar, Sabtu (12/12).

Padahal, menurut Marwan, transmigrasi sejatinya dirancang untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga. Dan menciptakan peradaban di wilayah baru melalui pembangunan pusat-pusat pertumbuhan.

“Transmigrasi juga dalam rangka membuka kesempatan kerja dan peluang usaha dengan menggali dan mengelola potensi sumberdaya kawasan transmigrasi, mengurangi kemiskinan, membuka lahan pangan dan perkebunan dan membentuk wirausaha mandiri,” tambah dia.

Marwan mengakui, pada masa awal, masyarakat transmigran bakal menghadapi berbagai tantangan. Namun, dia meyakini tantangan itu bisa diubah menjadi peluang lewat kegigihan, dan semangat menancapkan sejarah di tanah harapan.

[yud]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge