0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mubaligh Harus Paham Realitas Kehidupan

Tyo Eka
Haedar Nashir (Tyo Eka)

Solo – Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir menyatakan, mubaligh di era sekarang harus semakin paham terhadap realitas kehidupan sasaran dakwah.

“Karena masyarakat semakin heterogen dan hidup dalam suasana beragam serta kehidupan yang semakin kompleks,” jelas Haedar kepada Timlo.net, Sabtu (12/12).

Oleh karena itu, mubaligh Muhammadiyah harus kaya ide, konsep, materi sekaligus kaya rohani. Sehingga berdasarkan itu, menurut Haedar, mubaligh bisa diterima oleh masyarakat, juga menyiram dan penggerak kehidupan beragama.

Terkait dengan rapat kerja pimpinan Majelis Tabligh (dakwah) PP Muhammadiyah yang sedang diselenggarakan, Haedar mengatakan, Majelis Tabligh baik pimpinan pusat maupun di daerah atau cabang di seluruh Indonesia, perlu meningkatkan revitalisasi gerakan ketablighan, mulai di level konsep, agar majelis tabligh makin banyak memproduksi bahan-bahan untuk menjadi acuan dalam bimbingan ke Islaman bagi masyarakat di seluruh segmen.

“Masyarakat sangat memerlukan bahan-bahan keagamaan yang meneguhkan tetapi juga mencerahkan,” tandasnya.

Menurutnya, majelis tabligh perlu lebih membangun jaringan yang lebih luas, baik kedalam maupun keluar. Agar peran ketablighan di dalam membina keagamaan umat Islam di tengah tantangan yang sangat besar semakin bisa tertangani, terpecahkan dan bersolusi yang praktis tetapi juga mempunyai daya manfaat yang besar bagi umat dalam hidup beragama.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge