0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Partisipasi Pemilih di Boyolali Tertinggi di Jateng

Nanin
Tingkat partisipasi masyarakat Boyolali dalam Pilkada tertinggi se Jawa Tengah (Nanin)

Boyolali – Tingkat partisipasi masyarakat Boyolali dalam Pilkada kemarin, mencapai 79,27 % atau lebih tinggi dari target pusat sebesar 77,7 %. Meski begitu, angka golput juga tinggi, mencapai kurang lebih 150 ribu pemilih.

“Boyolali tingkat partisipasi tertinggi di Jateng,” kata Ketua KPU Boyolali, Siswadi Sapto Harjono, Sabtu (12/12).

Dijelaskan, total pemilih 763.171 orang, tingkat partisipasi pemilih mencapai 605.210 orang atau mencapai 79,27 persen dengan suara sah mencapai 591.345 atau sekitar 97,71 persen. Selain angka golput tinggi, jumlah surat suara yang rusak juga tinggi, mencapai 13.752 surat suara. Siswadi juga mengakui angka golput di Boyolali masih tinggi hingga Pilkada kemarin.

“Paling banyak di wilayah Boyolali utara,” tambahnya.

Pasalnya, diwilayah Boyolali utara, banyak masyarakat yang bekerja ke luar daerah dan luar jawa atau boro. Sehingga saat pencoblosan banyak yang tidak bisa pulang. Sedangkan untuk surat suara rusak, pihaknya selama ini sudah intensif melakukan sosialisasi. Termasuk tata cara pencoblosan.

“Kerusakan misalnya mencoblos dua kali, justru ada yang tidak dicoblos,” ujarnya.

Terpisah, Narko Nugroho, Ketua Panwaslu Boyolali menyatakan pihaknya terus mengawal proses rekapitulasi dari tingkat TPS, PPK, hingga kabupaten nanti. Menurut dia, saat ini jalannya rekapitulasi terhitung lancar.

“Banyaknya surat suara yang rusak, menarik untuk dicermati,” tandasnya.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge