0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Memahami Nilai Uang Buat Anak Kurang Dermawan

Ilustrasi (dok.timlo.net/gg)

Timlo.net—Sebuah penelitian menyimpulkan jika anak memahami nilai uang, maka pemahamannya itu akan membuat dia kurang dermawan. Dengan kata lain, anak-anak yang memahami cara menggunakan uang akan bekerja lebih keras dan memberi lebih sedikit.

“Uang adalah pedang bermata dua. Uang membuat orang memiliki tingkat konsentrasi dan kemampuan bekerja lebih keras tapi sisi buruknya mengurangi sifat suka menolong dan memberi,” kata Profesor Kathleen Vohs dari University of Minnesota dan peneliti dalam studi ini.

Untuk penelitian ini, para peneliti melakukan lima percobaan melibatkan 550 anak berusia 3-6 tahun di Polandia dan Amerika Serikat (AS).

Mereka dibagi dalam beberapa kelompok. Satu kelompok diberi tugas mengumpulkan kancing baju dan kelompok lain diminta mengumpulkan uang sebelum mengerjakan tugas lain. Setelah itu, mereka diminta menolong mempersiapkan tugas untuk anak dari kelompok lain.

Kelompok yang diberi tugas mengumpulkan uang rupanya kurang begitu antusias menolong mempersiapkan tugas untuk anak dari kelompok lain. Sementara kelompok yang diminta mengumpulkan kancing baju mempersiapkan tugas untuk anak dari kelompok lain dengan baik.

Penelitian ini dipublikasikan dalam jurnal Psychological Science.

Sumber: Times of India.

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge