0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mahasiswa UMS Lolos PKM Lewat Emping Pete

dok.timlo.net/tyo eka
Mahasiswa UMS kenalkan camilan emping pete (dok.timlo.net/tyo eka)

Sukoharjo — Fisca Rizkia Safitri bersama Elox Yuniar Rahmawati dan Umi Latifah, sesama mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) berhasil lolos Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tahun 2015 lewat camilan Emping Pete.

“PKM Emping Pete itu, kami mendapatkan dana dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi sebesar Rp. 10 juta,” ungkap Fisca kepada wartawan, di Kampus UMS, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo, Jumat (11/12).

Pete merupakan makanan camilan memang banyak disukai orang, tetapi tidak sedikit yang menghindarinya, karena bau yang ditimbulkan dari buah pete dianggap mengganggu. Buah yang banyak tumbuh di daerah dingin ini, namun menurut Fisca, memiliki khasiat dan manfaat untuk kesehatan tubuh.

Ia mengaku bersama teman-teman kelompoknya yang juga mahasiswa Program Studi Teknik Kimia semester 3 UMS, pete dicoba diolah dan dibuat emping, sambil untuk mendapatkan rasa lebih enak dan tidak bau.

“Untuk mendapatkan rasa sesuai yang diinginkan, kami dengan bimbingan dosen sebelumnya menyusun proposal untuk diikutkan PKM,” jelasnya.

Melalui emping pete, kata Fisca, setelah PKM lolos kemudian mendapat kucuran dana, kelompoknya mengembangkan produk emping pete. Sementara produksi emping pete yang dijualnya Rp 15 ribu per kardus isi 1 ons, dan dijual dari tempat kost sekaligus memberdayakan rekan-rekan mahasiswa.

“Sambil memproduksi, kami juga memberi bimbingan kepada masyarakat daerah penghasil pete Desa Brokos, Boyolali, sekaligus untuk meningkatkan perekonomian daerah setempat,” terangnya.

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge