0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kebo Bule Ikut Kirab Gunungan Apem Kukus Keong Mas

dok.timlo.net/nanin
Kirab Gunungan Apem Kukus Keong Mas (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Meski harus menunggu dua jam lebih, ribuan pengunjung dari berbagai wilayah di Soloraya dan sekitarnya tetap antusias menunggu puluhan ribu apem kukus keong mas disebar. Sebelum disebar, Gunungan Apem diarak dari Balai Desa Ngaru-aru Banyudono menuju ke halaman Masjin Yosodipura, Pengging, sejauh 1,5 kilometer, Jumat (11/12).

Kirab Gunungan Apem Kukus Keong Mas juga diikuti abdi dalem Kraton Surakarta dan empat kebo bule. Sesampai di halaman Masjid Yosodipura, Gunungan apem kukus besar kemudian dibawa ke atas panggung, sedangkan gunungan kecil dibawa ke Masjid Yosodipuro. Sementara sebaran apem sendiri baru dilakukan setelah prosesi doa di Masjid Yosodipuro.

Masyarakat yang sudah menanti berjam-jam langsung berebut apem yang disebar Pj Bupati Boyolali, Sri Ardiningsih. Berbagai cara dilakukan pengunjung untuk bisa merebut apem. Ada yang menggunakan payung,topi dan selendang. Bagi pengunjung, apem yang sudah didoakan tersebut mengandung berkah. Salah satu pengunjung asal Gunung Kidul, Supinah, berharap berkah dari sebaran apem.

“Ini baru pertama kalinya saya datang, ternyata menarik sekali, tahun depan datang lagi,” kata Supinah yang datang berombongan.

Pj Bupati Boyolali, Sri Ardiningsih, berharap tradisi ini bisa dilestarikan. Selain itu, ke depan bisa menambah wisatawan yang datang ke kawasan wisata Pengging.

“Harapan kita, kawasan Pengging akan semakin terkenal dengan ragam tradisi budayanya,” kata Sri Ardiningsih.

Ritual itu sendiri bermula dari jaman R Ng Yosodipuro, saat pemerintahan Pakubuwono II, dimana saat itu, lahan pertanian diserang hama keong mas. Oleh Yosodipuro merupakan seorang pujangga sekaligus ulama yang menyebarkan agama Islam di wilayah Pengging, masyarakat diajak bershodaqoh dengan membuat apem kukus keong mas.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge