0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pilkada Wonogiri, 30 % Disabilitas Salurkan Hak Pilihnya

dok.timlo.net/tarmuji
Ketua KPU Wonogiri, Mat Nawir (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Partisipasi kaum disabilitas dalam helatan Pilkada serentak di Wonogiri, 9 Desember 2015 lalu terbilang cukup lumayan. Dibandingkan pesta demokrasi tahun-tahun sebelumnya, Pilkada kali ini tergolong memberi ruang bagi penyandang disabilitas. Hal itu terbukti dengan antusias para disabilitas yang menggunakan hak pilihnya ke tempat pemungutan suara(TPS) mencapai 30 persen.

“Di Wonogiri DPT khususnya untuk kaum disabilitas ada sekitar 1.760 jiwa,” ujar Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wonogiri, Mat Nawir, Jumat (11/12).

Sedang data berdasarkan real count yang dirilis oleh KPU menunjukkan masih rendahnya angka partisipasi kaum disabilitas dalam Pilkada. Akan tetapi, setidaknya Pilkada kali ini sudah cukup maksimal dalam mengakomodir pengguna hak pilih disabilitas.

“Disabilitas yang menggunakan hak pilihnya hanya sekitar 438 jiwa,” jelasnya.

Seperti diketahui, Pilkada serentak di Wonogiri, pasangan calon Hamid Noor Yasin – Wawan Setyo Nugroho (HW) memperoleh 254.209 suara (45,53%), sementara pasangan calon Joko Sutopo – Edy Santosa (Jos) memperoleh 304.130 suara (54,47%).

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge