0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jadi Patih Batik Madrim, Kopral Bagyo Kampanye Cinta Budaya

Kopral Bagyo pakai kostum Patih Batik Madrim (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Dengan gagah, Patih Batik Madrim berjalan menyusuri Jalan Adi Sucipto Solo, Jumat (11/12) siang. Dengan membawa sebuah poster bertuliskan “Cintai, Lestarikan Budaya Bangsa Agar Tak Diambil Negeri Tetangga”, Batik Madrim yang diperankan oleh Kopral Bagyo ini menyita perhatian para pengguna jalan yang melintas tepatnya di bundaran Patung Obor Manahan.

“Saya ingin menyuarakan, supaya masyarakat Solo tak hanya tahu dengan budaya mereka semata. Namun, juga ikut mencintainya,” kata Kopral Bagyo, di sela kegiatannya tersebut.

Anggota Denpom IV/4 Solo ini juga mengajak masyarakat untuk ikut turut serta menyaksikan pentas ketoprak yang akan digelar di Taman Balekambang, Solo, Sabtu (12/12), pukul 20.00 WIB. Rencananya, Kopral Bagyo akan memainkan tokoh Patih Batik Madrim yang mengawal pimpinannnya dalam menjalankan roda pemerintahan.

Disinggung alur cerita yang akan diangkat, Kopral Bagyo mengaku, dirinya akan menyentil sejumlah dilematika yang saat ini sedang hangat. Termasuk, pencatutan nama Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) oleh Ketua DPR.

“Budaya bangsa yang kuat akan membuat jati diri masyarakatnya juga ikut kuat. Sehingga, mulai dari diri sendiri mulai ditumbuhkan sekarang,” tegas Kopral Bagyo.

Ia mengusulkan, supaya dalam pemerintahan ke depan sejumlah stakeholder dalam pemerintahan Kota Solo ikut serta “nguri-uri” budaya di Kota Solo. Dengan begitu, anak buah atau keluarga mereka juga turut serta dalam mengangkat budaya lokal yang sarat akan nilai-nilai kebersamaan dan gotong royong tersebut.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge