0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemkab Tetap Tolak Eksplorasi Gunung Lawu

Gunung Lawu (timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Pemerintah Kabupaten Karanganyar tetap menolak rencana eksplorasi Gunung Lawu oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Penolakan tetap dilakukan meskipun saat ini proses lelang eksplorasi sudah masuk tahap kedua.

“Selama masih ada kesempatan kita tetap akan menolak proses eksplorasi,” tegas Bupati Karanganyar Juliyatmono, Kamis (10/12).

Menurut Bupati, hal tersebut dilakukan demi kepentingan lingkungan serta sumber daya air yang ada di Gunung Lawu. Pasalnya selama ini sumber daya air yang ada di Gunung Lawu merupakan penopang kehidupan bagi masyarakat yang ada di Kabupaten Karanganyar.

“Kita semua bergantung pada sumber air dari Gunung Lawu, kalau kering karena eksplorasi bagaimana?” kata Bupati.

Dengan alasan itu, pihaknya terus berkomunikasi dengan Kementerian ESDM dan memberikan berbagai usulan serta solusi agar proses Ekplorasi tidak jadi dilakukan. Bahkan pihaknya juga membuka peluang bagi siapa saja yang akan melakukan kajian mengenai dampak baik dan buruknya proses Eksplorasi Gunung Lawu.

Dengan adanya kajian, maka semua orang akan mengatahui dampak-dampak yang dihasilkan dari proses eksplrasi yang dilakukan. Dari kajian itu nantinya bisa diambil kesimpulan apakah eksplorasi bisa dilanjutkan atau tidak.

“Kita terbuka kepada siapa saja yang akan melakukan kajian, kajian itu yang akan menjadi acuan untuk kita dalam menyikapi proses eksplorasi,” ucap Juliyatmono.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge