0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemkot Siapkan Ganti Rugi untuk Warga Bantaran Kali

merdeka.com
Ilustrasi Uang (merdeka.com)

Solo – Pemerintah Kota (Pemkot) Solo memastikan akan memberikan dana danti rugi terhadap 340 keluarga yang tinggal di bantaran kali pepe dan kali anyar yang akan terkena proyek bendungan karet Tirtonadi. Hal itu dikarenakan pemerintah pusat tidak mau memberikan ganti rugi kepada warga, lantaran tanah yang selama ini ditempati warga tidak berstatus hak milik (HM).

“Sepenuhnya akan ditanggung oleh pemerintah kota, dan sudah kita anggarkan dalam APBD perubahan,” ungkap Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Solo Endah Sitaresmi Suryandari, Kamis (10/12).

Dia mengatakan, mekanisme ganti rugi terhadap warga tidak akan menggunakan tim appraisal. Alasannya adalah appraisal hanya digunakan untuk bangunan yang bersertifikat dan hak milik.

Sita mengatakan, proyek pembangunan embung ini akan dimulai tahun depan. Pembiayaan pembuatan embung akan ditanggung sepenuhnya oleh pemerintah pusat. Bendungan karet ini akan dibangun di pertemuan antara kali anyar dengan kali gajah putih. Dia mengatakan embung tersebut selain sebagai tempat penampungan air, dan juga untuk wisata air dalam kota. Selain itu air yang di tampung dalam embung akan diolah untuk air bersih.

“Saat ini kita masih mendata beberapa bangunan di kawasan itu, ada rumah, toko, kandang dan lainnya,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge