0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Angka Golput di Sukoharjo Dinilai Cukup Tinggi

Penampakan halaman web KPU Sukoharjo (timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo — Hasil lengkap penghitungan di tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) angka partisipasi pemilih dalam pilkada kali ini hanya 66 persen. Sedangkan suara tidak sah mencapai angka 6,2 persen dari total suara yang masuk.

“Kita sudah selesai melakukan penghitungan di tingkat TPS kemarin malam, dan hasilnya sudah kita publish di website resmi kami, dan untuk saat ini kita sedang menyelesaikan rekapitulasi di tingkat PPK,” kata komisioner KPU Sukoharjo, Yulianto Sudrajad.

Dari jumlah pemilih keseluruhan 670.345 jiwa, warga yang menggunakan hak pilihnya pada saat pemungutan suara sebanyak 445.485 atau dalam prosentase 66,4 persen. Dari jumlah suara yang masuk ini, sebanyak 27.726 surat suara tidak sah atau rusak.

Sedangkan untuk perolehan suara masing-masing pasangan calon dari hasil penghitungan di TPS, paslon nomor urut 1 yang diusung PDIP berhasil meraih suara sebanyak 355.438, atau 85,2 persen. Sedangkan rivalnya nomor urut dua dari PAN, PKB dan Partai Demokrat, hanya mampu meraih suara 61.761, atau 14,8 persen.

“Saya menilai angka golput cukup tinggi karena banyak yang merantau an tidak bisa pulang, ditambah lagi sejak awal masyarakat juga sudah tahu siapa nantinya yang akan menang, jadi mereka menjadi sedikit apatis terhadap jalanya pilkada,” tandas salah satu tokoh masyarakat, Agus Tri Raharjo.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge