0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

KPU Enggan Sebut Partisipasi Masyarakat Rendah

merdeka.com
Hadar Nafis Gumay (merdeka.com)

Timlo.net – Sejumlah lembaga survei menemukan rendahnya tingkat partisipasi masyarakat dalam Pilkada, Rabu (9/12). Namun, Komisioner KPU Hadar Nafis Gumay menilai temuan lembaga survei tersebut bukanlah sesuatu hal yang benar-benar nyata. Sebab, KPU bahkan belum memiliki dan mencatat keseluruhan tingkat partisipasi pada pilkada.

“Angka partisipasi banyak laporan, tapi sebenarnya apa yang kami catat atau kami punya angkanya belum ada, kalau ada itu baru sebagian, hanya berdasarkan TPS tertentu dan desa tertentu, jadi belum ada data dan angka secara lengkap,” kata Hadar, Kamis (10/12).

Hadar menjelaskan KPU baru memiliki angka tingkat partisipasi dari daerah Sumenep dan Ngawi, Jawa Timur yang sudah terhitung 100 persen. Sementara untuk daerah lain, KPU belum dapat mengumumkan angka resmi partisipasi masyarakat dalam Pilkada.

“Tapi kalau dikumpulkan secara lengkap kami belum bisa katakan hasilnya, kami belum bisa mengeluarkan secara resmi tingkat partisipasi tiap daerah,” ujarnya.

Hadar mengingatkan masyarakat yang ingin melihat hasil sementara Pilkada 2015 di berbagai daerah dapat melihatnya di situs resmi Pilkada 2015 yang dimiliki KPU yakni pilkada2015.kpu.go.id.

“Bisa dilihat di situ semua daerah-daerah mana saja yang sudah masuk data rekapitulasinya,” tukasnya.

[ren]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge