0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pilkada Solo, Rekapitulasi Suara di PPK Dimulai

Rekapitulasi suara di PPK Laweyan (dok.timlo.net/daryono)

Solo – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Solo berharap setiap persoalan dalam rekapitulasi perolehan suara pemilihan calon walikota dan calon wakil walikota Solo dapat diselesaikan di tingkat panitia pemilihan kecamatan (PPK).  Hal ini agar proses rekapitulasi di tingkat kota tidak berlangsung lama dan tinggal mensinkronkan data.

“Menurut kami, kalau ada permasalah harus selesai di sini (PPK). Jadi di tingkat kota tinggal menggabungkan,” kata Ketua Panwaslu Solo saat ditemui sela pemantauan rekapitulasi perolehan suara di PPK Laweyan, Kamis (10/12).

Penyelelesaian persoalan di PPK penting dipastikan lantaran dalam Pilkada kali ini, rekapitulasi dari TPS langsung dibawa ke PPK, tanpa melalui rekapitulasi di panitia pemungutan suara (PPS). Karena itu, semuanya harus dipastikan rekapitulasi sesuai dengan hasil penghitungan di tingkat TPS.

“Semuanya didassarkan pada formulir C1 maupun plano. Jangan sampai nanti ada perbedaan. Karena C1 itu kan langsung diserahkan ke pengawas TPS, juga KPU. C1 itu sebagai data otentik. Jangan sampai ada perbedaan atau perubahan,” ujar dia.

Sumanta menerangkan, sesuai tahapan yang diatur KPU, rekapitulasi suara di PPK sudah dimulai hari ini di lima kecamatan. Rekapitulasi akan berlangsung hingga 16 Desember mendatang. Setelah rekapitulasi di tingkat PPK dilakukan rekapitulasi di tingkat kota yang dijadwalkan 17-21 Desember.

“Setelah (rekapitulasi di PPK) selesai langsung dibawa ke kota. Rekapitulasi di kota setelah itu, 17-21 Desember. Untuk penetapan rekapitulasi kota itu tanggal 21-23 Desember dijadwal tahapan. Tetapi begitu selesai rekap kota ya langsung penetapan sehingga nanti diketahui hasil resmi. Solo paling selesai satu hari cukup karena hanya lima kecamatan,” beber dia.

 

 

 

 

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge