0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

UNS Targetkan Peringkat UI Green Matric

dok.timlo.net/info-kampus.com
Kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta (dok.timlo.net/info-kampus.com)

Solo — Universitas Sebelas Maret (UNS) mentargetkan peningkatan program kampus ramah lingkungan untuk meraih peringkat dalam penilaian UI Green Matric yang diselenggarakan Universitas Indonesia (UI), khususnya pengelolaan laboratorium.

“Khususnya laboratorium eksakta, agar memenuhi ketentuan standar lingkungan,” jelas Kepala UPT Laboratorium Terpadu UNS, Agus Supriyanto kepada wartawan, di Kampus UNS, Solo, Kamis (10/12).

Hal itu, menurut Agus, sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup (Permen-LH) No. 6/2009 Tentang Pedoman Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Laboratorium Lingkungan.

Kepala UPT Laboratorium Terpadu UNS mengemukakan, UNS memiliki sejumlah laboratorium untuk menunjang kegiatan akademik, khususnya untuk penelitian. Diantaranya, laboratorium di beberapa fakultas, khususnya eksakta, yakni di Fakultas Kedokteran (FK), Fakultas Pertanian (FP), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), harus mendapat perhatian khusus terkait pengelolaan limbahnya.

Namun, lanjut Agus, mesti diakui bahwa pengelolaan sebagian besar laboratorium yang ada di UNS belum sepenuhnya dilaksanakan sesuai ketentuan dalam sertifikasi laboratorium berstandar lingkungan.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge