0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dosen ITB: Masyarakat Indonesia Malas Nulis

dok.timlo.net/tyo eka
Dosen ITB, Prof Dr Ir Suwarno MT (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Dosen Institut Teknologi Bandung (ITB) Prof Dr Ir Suwarno MT menyatakan, secara umum masyarakat Indonesia masih malas nulis. Budaya menulis masih sangat kurang.

“Sehingga dalam bidang publikasi ilmiah kita tertinggal negara lain,” ujar Suwarno saat bertemu Timlo.net seusai Seminar Internalisasi Gerakan Budaya Ilmiah, di Kampus Universitas Sebelas Maret (UNS), Solo, Kamis (10/12).

Oleh karena itu, kata Dosen ITB, kita yang pernah belajar di luar negeri yang sering kali dituntut menulis untuk publikasi, berupaya bersama-sama untuk gerakan budaya menulis. Karena untuk menulis itu di perguruan tinggi harus ada penelitian, maka penelitian mesti diperbaiki baik fasilitas, regulasi, termasuk mahasiswa maupun dosen.

Meski masih relatif malas, namun pada tataran perguruan tinggi mulai sedikit meningkat baik peminat maupun hasil. “Yah, berkat Kementerian Ristek Dikti yang belakangan ini intensif dalam mendorong riset dan menulis publikasinya,” ujarnya.

Sejauh ini pengambilan tema penelitian sangat bervariasi. Tetapi baginya, yang terpenting adalah penelitian yang berorientasi pada problem solving untuk negara kita, penelitian yang dibutuhkan negara kita. Terutama kalau sekarang, di bidang ekonomi.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge