0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Panwaslu Klaten Usut Dugaan Money Politics

dok.timlo.net/kpu-klatenkab.go.id
Pilkada Klaten 2015 (dok.timlo.net/kpu-klatenkab.go.id)

Klaten —¬†Dugaan praktik money politics di Dukuh Pulon, Desa Malangan, Kecamatan Tulung, Selasa (8/12) lalu, bakal diusut. Panitia pengawas pemilu (Panwaslu) Kabupaten Klaten sudah melayangkan suarat pemanggilan kepada lima orang yang diduga dari tim sukses pasangan calon (Paslon) nomor tiga.

“Surat (pemanggilan) sudah kita serahkan kemarin (Rabu, 9/12). Pemanggilan kepada terlapor, dilakukan hari ini di kantor Panwaslu Kabupaten sekitar pukul 10.00 WIB,” ungkap anggota Divisi Kelembagaan dan Sumber Daya Manusia Panwaslu Klaten, Kamis (10/12).

Informasi dihimpun, dugaan money politics itu terjadi sekitar pukul 20.00 WIB, satu hari menjelang coblosan. Pelapor atas nama Wahyu bersama para saksi Mukti, Muhtadi dan Heri melihat beberapa orang yang baru saja keluar dari rumah warga di Dukuh Pulon, Desa Malangan tersebut.

Curiga, pelapor mendatanginya dan menemukan ada transaksi uang dalam sebuah amplop. Melihat hal tersebut, pelapor dan saksi kemudian mendatangi Kecamatan Tulung didampingi Panwascam setempat serta Polsek Tulung beserta barang bukti.

“Selain keterangan saksi (pelapor), ada barang bukti berupa 25 amplop berisi dua lembar masing-masing uang Rp 10 ribu. Total yang diamankan adalah Rp 500 ribu. Selain itu, di setiap amplop juga ditemukan gambar Paslon nomor tiga,” imbuh Suharno.

Ditanya soal pemanggilan, imbuh dia, bertujuan mengkaji ada atau tidaknya unsur pelanggaran pidana. Kendati didalam Undang-Undang (UU) terdapat keterangan tentang politik uang, akan tetapi tidak dirinci adanya sanksi. Selain itu, pihaknya juga melakukan koordinasi dengan sentra penegakan hukum terpadu (Gakkumdu) untuk melakukan penyidikan dan penuntutan.

“Kita diberikan waktu penyidikan 3 hari, bila masih kurang (alat bukti) ada tambahan dua hari,” imbuh Suharno.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge