0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Partisipasi Pilkada Serentak Kurang Dari Target

()

Timlo.net – Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) menilai partisipasi Pilkada serentak kurang dari target 77 persen yang dinyatakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Kalau hasil kami partisipasi kurang dari 70 persen, meski tidak rendah juga. Tetapi KPU yakin bisa capai 77 persen karena perhitungannya dikaitkan Pilpres 2014 orang antusias mencoblos sekarang beda,” kata koordinator nasional JPPR, Masykurudin Hafidz, Rabu (9/12).

Partisipasi rendah, menurut Hafidz beberapa pemilih tidak mendapatkan surat pemberitahuan untuk memilih, kemudian tidak terdapat alat bantu tuna netra di tempat pemungutan suara seperti TPS 18 Kelurahan Karang Joang, Balikpapan, Kalimantan Timur. Selanjutnya, lokasi TPS yang tidak bisa diakses oleh masyarakat, daerah pasangan calon tunggal yang tidak punya persaingan.

“Daerah calon tunggal partisipasi 50 persen, itu memang rendah karena sebenarnya bisa kampanye tapi hanya satu kali,” kata dia.

Lanjut dia, partisipasi rendah juga lantaran isu kasus korupsi, dan kasus pencatutan nama Presiden Jokowi. Selain itu, pemilih juga tidak mau menggunakan hak pilihnya karena pasangan calon belum tentu menepati janji kampanye.

“Ternyata cukup kaget daerah calon tunggal menyatakan tidak setuju cukup tinggi,” tandasnya.

[tyo]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge