0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Surat Suara Kurang, Pemilih Digeser ke TPS Terdekat

Setyo Pujis
Seorang pemuda sedang menggunakan hak pilihnya (Setyo Pujis)

Solo – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo membenarkan adanya kekurangan surat suara di tiga tempat pemungutan suara (TPS). Tiga TPS yang kekurangan surat suara itu yakni TPS 3 Baluwarti, Kecamatan Pasar Kliwon dan TPS 56 dan 42 yang berada di Kecamatan Jebres.

“Laporan yang masuk, TPS 56 kekurangan 126 surat suara, TPS 42 kekurangan 125 suara dan TPS 3 Baluwarti 125 suara. Setiap 25 surat suara kan dibendel. Kemudian dibendel lima bendel,” kata Komisioner Divisi Teknis Penyelenggara KPU Solo, Pata Hindra Aryanto kepada wartawan, Rabu (9/12).

Meski ada kekurangan surat suara, dari hasil koordinasi dengan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS), persoalan kekurangan surat suara tersebut bisa di atasi. Caranya yakni dengan menggeser pemilih yang tidak terakomodir surat suara ke TPS terdekat.

“Kalau tidak cukup digeser ke TPS terdekat. Mestinya nggak ada masalah. Artinya proses pemungutan suara jalan terus,” jelas dia.

Solusi menggeser pemilih, kata Pata, lantaran KPU sudah tidak memiliki surat suara. Surat suara dan logistik yang tersisa sudah dibakar tadi malam disaksikan kepolisian dan panitia pengawas pemilu (Panwaslu).

Disinggung penyebab kurangnya surat suara, Pata menyatakan hal itu faktor human error. Meskipun KPU Solo sudah mempersiapkan logistik secermat mungkin.

“Persiapan logistik kita paling mantep. Tapi, kenyataan masih bolong,” ujar dia.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge