0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Harga Kebutuhan Pokok Merangkak Naik

timlo.net/setyo puji s
pedagang bawang (timlo.net/setyo puji s)

Solo – Harga sejumlah komoditas kebutuhan pokok di Pasar Legi Solo mulai merangkak naik sejak beberapa pekan terakhir. Kenaikan harga tersebut dipicu oleh pasokan barang yang relatif minim dari petani.

“Cabai rawit yang semula Rp 13 Ribu per kilogram, kini naik menjadi Rp 17 Ribu per kilogram, cabai merah besar yang sebelumnya Rp 7 Ribu per kilogram, kini naik menjadi Rp 16 Ribu per kilogram,” ujar salah satu pedagang cabai di Pasar Legi Solo, Santo kepada wartawan, Selasa (8/12).

Dirinya mengatakan, kenaikan harga tersebut sudah terjadi sejak sepekan terakhir. Salah satu penyebab naiknya harga tersebut karena menurutnya pasokan barang tak sebanding dengan jumlah permintaan.

“Mungkin karena karena hasil panen tidak terlalu banyak sehingga pasokan barang berkurang,” jelasnya.

Hal sama juga terjadi pada komoditas sayuran. Salah satu pedagang sayuran, Wiwid menyampaikan jika beberapa harga jenis sayur juga turut merangkak naik karena pasokan barang minim.

Beberapa sayuran yang mengalami kenaikan harga diantaranya adalah jepan yang semula Rp 5.500 per kilogram kini naik menjadi Rp 6.500 per kilogram, tomat yang semula Rp 5 Ribu per kilogram kini naik menjadi Rp 6 Ribu per kilogram, kubis yang semula Rp 8 Ribu per kilogram, kini naik menjadi Rp 9 Ribu per kilogram, loncang yang semula Rp 5 Ribu per kilogram, kini naik menjadi Rp 8 Ribu per kilogram.

“Selain harganya merangkak naik, selama musim penghujan ini barangnya juga banyak yang rusak. Sehingga pelanggan sering mengeluh,” ungkapnya.

Sementara itu dari pantauan Timlo.net beberapa komoditas lain yang mengalami kenaikan harga diantaranya bawang merah dari sebelumnya Rp 12 Ribu per kilogram sekarang naik menjadi Rp 20 Ribu per kilogram, bawang putih dari Rp 19 Ribu per kilogram naik menjadi Rp 20 Ribu per kilogram, telur ayam ras dari sebelumnya Rp 17 Ribu per kilogram naik menjadi Rp 19.500 per kilogram.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge