0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

432 Surat Suara Rusak dan Sisa Distribusi Dimusnahkan

timlo.net/aditya wijaya
Ketua Panwaslu Klaten Wandyo Supriyatno memusnahkan surat suara (timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Klaten memusnahkan ratusan lembar suara rusak menjelang satu hari pencoblosan. Pemusnahan disaksikan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) dan kepolisian ini dilakukan di pelataran Kantor KPU Klaten,

“Sesuai PKPU (Peraturan KPU), surat suara rusak dan diluar kebutuhan maka harus dimusnahkan sebelum pemungutan suara,” ungkap Ketua KPU Klaten Siti Farida, Selasa (8/12) petang.

Pendistribusian surat suara ke 1.880 TPS telah dilakukan Senin (7/12) malam. Jumlahnya mencapai 1.064.738 lembar sesuai Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 1.037.875 pemilih ditambah cadangan 2,5 persen DPT.

Adapun surat suara yang dimusnahkan terdiri dari 349 surat suara rusak dari hasil penyortiran, ditambah 83 lembar merupakan kelebihan saat distribusi surat suara. Selain itu, satu karung penuh surat suara yang masih berupa lembaran plano.

“Pemusnahan ini meminimalisir terjadinya manipulasi data dan sebagai bentuk pertanggungjawaban KPU dalam hal integritas dan transparansi selaku penyelenggara Pilkada. Jangan sampai surat suara yang beredar melebihi DPT dan cadangan 2,5 persen,” tandas Farida.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge