0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Gaet Pencoblos 100 Persen, Bus Dijadikan TPS

timlo.net/heru murdani
TPS 7 Kampung Tegalmulyo RT 03 RW 04, Kelurahan Nusukan berada di atas bus (timlo.net/heru murdani)

Solo – Prihatin dengan merosotnya jumlah masyarakat yang datang untuk memberikan hak pilihnya, membuat para ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutn Suara (KPPS) memutar otak untuk mendatangkan para pemilih. Salah satunya dengan membuat Tempat Pemilihan Suara (TPS) yang unik. Seperti yang terjadi di TPS 7 Kampung Tegalmulyo RT 03 RW 04, Kelurahan Nusukan, warga membuat tempat pemilihan suara di dalam sebuah bus pariwisata.

“Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) ada 286 orang, namun dari pengalaman yang pemilu dulu, yang hadir hanya 210 orang, atau kisaran itu. Karenanya kita coba membuat sesuatu yang unik, dengan harapan masyarakat mau datang dan memberikan suaranya,” ungkap ketua RT setempat, Arief Nugroho, Selasa (8/12).

Dia mengatakan bus itu akan dijadikan bilik suara. Semua petugas, kecuali petugas pendaftaran dan pencelupan tinta, akan berada di dalam Bus tersebut. Meja dan bilik pencoblosan disusun sedemikian rupa di dalam Bus. Bus itu juga dihias dengan berbagai pernak-pernik untuk memeriahkan jalannya pemungutan suara.

Arief mengaku dirinya dengan warga berfikir untuk menggunakan sumberdaya yang ada di kampung. Lantaran di kampung tersebut terdapat sebuah garasi perusahaan Bus, dirinya memberanikan diri untuk meminjam salah satu bus tersebut yang akan digunakan sebagai TPS.

“Syukur, maksud baik kita disetujui oleh pemilik Bus, sehingga kita dipinjamkan satu unit Bus untuk penyelenggaraan pencoblosan,” katanya, saat dijumpai sedang menyelesaikan persiapan TPS.

Dia berharap dengan TPS unik ini bisa meningkatkan jumlah pemilih, dan menggugah masyarakat untuk memberikan hak pilihnya sesuai hati nurani.

“Harapannya ya 100 persen bisa memberikan suaranya semua, kan biaya pencoblosan ini juga mahal dibiayai negara, karenanya kita manfaatkan untuk bisa memilih pemimpin yang baik, sesuai dengan hati kita masing-masing,” paparnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge