0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

KPU Solo Keluarkan 88 Formulir A5

timlo.net/daryono
Petugas mendistribusikan logistik Pilkada Solo (timlo.net/daryono)

Solo – Sebanyak 88 pemilih ditetapkan dalam Daftar Pemilih Pindahan (DPPh), Selasa (8/12) Mereka mendapatkan formulir A5 dari tempat pemungutan suara (TPS) asal. Penetapan DPPh sebagai antisipasi pencoblosan ganda di dua tempat TPS.

“DPPh yang kita tetapkan sebanyak 88 pemilih. Terdiri 48 pemilih laki-laki, 40 pemilih. Tersebar di 17 kelurahan di 45 TPS,” kata Komisioner Divisi Pemutakhiran Data Pemilih KPU Solo, Kajad Pamuji Joko Waskito kepada wartawan, Selasa (8/12).

Menurut Kajad, 88 pemilih yang masuk DPPh ini lantaran pindah domisili setelah penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT). Mereka memiliki KTP di tempat baru, namun namanya masih terdaftar dalam DPT di tempat asal.

Jika tidak dimasukkan dalam DPPh dikhawatirkan pemilih yang pindah domisili ini bisa mencoblos di dua tempat mengingat bisa menggunakan KTP barunya untuk mencoblos.

“Kalau tidak diantisipasi nanti bisa nyoblos didua TPS karena Solo ini kan lingkupnya hanya kecil. Bisa dua kali. Kita hanya antispasi. Kan memang tidak semua warga berpikir seperti itu (mencoblos di dua TPS. Tetapi sistem itu perlu diantisipasi biar tidak terjadi seperti itu (mencoblos di dua TPS). Antisipasi sistem kan harus ada,” beber dia.

Pemilih yang masuk dalam DPPh, lanjut Kajad, akan diberikan formulir A5 untuk dipergunakan memilih di domisili baru. Sedangkan daftar di DPT akan dicoret.

Sementara, Ketua KPU Solo, Agus Sulistyo mengatakan penyelenggaran pemungutan suara sudah siap 100 persen. Logistik hari ini sudah didorong ke masing-masing TPS.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge