0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mendesak, Kopassus Butuh Alutsista Ini

Pengukuhan anggota Gurp 2 Kopassus. (Dok.Timlo.net/ Heru Murdhani)

Timlo.net – Alat angkut dan senjata merupakan dua kebutuhan alutsista yang begitu mendesak bagi pasukan elite Komando Pasukan Khusus (Kopassus). Kemampuan Kopassus dinilai tidak akan maksimal jika hanya berharap pada kualitas prajurit.

“Saya berharap ada perbaruan alutsista setiap tahun, supaya tidak hanya sumber daya manusianya yang bagus, tapi juga didukung alutsista,” ujar Danjen Kopassus, Mayor Jenderal Muhammad Herindra, Senin (7/12).

Herindra menuturkan, Kopassus telah menyerahkan kajian pengadaan alutsista ke Kementerian Pertahanan. Menurut dia, pembelian alutsista itu tidak akan langsung dilakukan karena membutuhkan pembahasan dan persetujuan Komisi I DPR.

“Sudah ada perencanaan yang kami ajukan ke kementerian dan itu akan dibawa ke DPR. Nanti DPR yang akan mengesahkan,” kata dia.

Selain itu, dia juga menekankan pentingnya peningkatan kesejahteraan prajurit. Menurutnya, kesejahteraan adalah poin penting dalam pembentukan prajurit yang profesional.

“Kalau SDM bagus tapi tidak sejahtera kan percuma,” tuturnya.

Dia juga menambahkan, saat ini TNI dan pemerintah mulai memperhatikan hunian para prajuritnya.
“Rumah-rumah prajurit banyak yang direhab dan laik huni. Dulu kan terabaikan, sekarang sudah bagus,” tandasnya.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan Ryamizard mengatakan sejumlah alutsista Kopassus tidak dapat berfungsi maksimal karena mengalami kerusakan dan tidak dilengkapi dengan persenjataan yang memadai. Selain itu, beberapa proyek pengadaan alutsista juga belum terlaksana seluruhnya.

Menyikapi hal ini, Ryamizard meminta para prajurit tidak hanya berdiam menanti datangnya alutsista baru dan dana perawatan tapi berinovasi untuk menghindari pengeluaran anggaran.

[hhw]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge