0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Waspadai Erupsi Gunung Bromo, 10 Ribu Masker Disiapkan

dok.merdeka.com
Gunung Bromo (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang menyiapkan ribuan masker untuk mengantisipasi terkait peningkatan status Gunung Bromo dari waspada menjadi siaga. Sebanyak 10 ribu masker disiapkan di rumah-rumah para perangkat desa untuk digunakan setiap saat jika dibutuhkan.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang, Bagyo Setyono mengatakan masker sudah didistribusikan sejak Jumat pekan lalu. Sebanyak 6.000 masker telah disiapkan untuk Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. Sementara sebanyak 2000 masker untuk Kecamatan Jabung telah diserahkan.

“Debu tipis turun tetapi sampai saat ini aktivitas masyarakat Ngadas masih normal. Masker belum dibagikan ke masyarakat langsung,” kata Bagyo, Senin (7/12).

Desa Ngadas termasuk kawasan rawan bencana yang masuk di radius 5 kilometer dari kawah Bromo. Desa dengan 2000 jiwa itu berpotensi terdampak abu vulkanik jika aktivitas Bromo terus meningkat dan erupsi.

Sementara itu Kepala BPBD Kabupaten Malang, Hafie Lutfie menyatakan kesiapan untuk antisipasi kemungkinan erupsi Gunung Bromo. Pihaknya menyiapkan beberapa tahapan langkah yang sudah mulai dijalankan.

“Daerah terdampak debu erupsi Gunung Bromo terpetakan di dua kecamatan yakni Poncokusumo dan Jabung. Untuk Poncokusumo di desa Ngadas yang meliputi dusun Ngadas dan Jarak Ijo. Sementara di kecamatan Jabung ada desa Taji dan Kemiru. Kita sudah petakan itu,” urainya.

BPBD, lanjutnya, juga telah berkoordinasi dengan seluruh aparat terkait dan perangkat desa setempat untuk menyosialisasikan status siaga Gunung Bromo. Pihaknya juga sudah memberlakukan piket untuk memantau perkembangan setiap saat.

“Kita juga sudah menyiapkan balai Desa Wrigin Anom di Kecamatan Poncokusumo untuk persiapan pengungsi jika dibutuhkan,” katanya.

BPBD juga telah mensosialisasikan jalur evakuasi dengan proses mandiri. Artinya masyarakat dengan kendaraan yang dimiliki bisa menempuh beberapa jalur ke lokasi yang disiapkan. [ang]

Sumber: merdeka.com

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge