0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Harga Tiket Masuk Candi Sukuh dan Candi Cetho Naik

dok.timlo.net/nanang rahadian
Candi Cetho, salah satu obyek wisata di Karanganyar (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Harga tiket masuk Candi Sukuh dan Candi Cetho bakal naik per  Per 1 Januari 2016. Dari yang semula Rp 3 ribu naik menjadi Rp 8 ribu per orang. Besaran kenaikan harga tiket dinilai logis dan tidak mempengaruhi minat kunjungan wisata ke dua situs cagar budaya ini.

“Pemkab sudah menandatangani MoU dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah perihal kenaikan tiket,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Karanganyar, Tarsa, Selasa (8/12).

Tiket masuk Rp 8 ribu berlaku bagi wisatawan domestik umum. Sedangkan wisatawan mancanegara ditarik tarif Rp 25 ribu dari semula Rp 10 ribu. BPCB dan Disbudpar juga menyepakati harga tiket lebih murah bagi rombongan peserta didik.

“Sebenarnya tak masalah kalau diberlakukan mulai 1 Desember 2015. Namun akhirnya disepakati berlaku mulai 1 Januari 2016,” jelas Tarsa.

Tarsa mengatakan, perihal perubahan harga telah disosialisasikan melalui forum Java Promo, Pariwisata Soloraya dan ke sekolah-sekolah. Meski mengalami kenaikan harga tiket masuk Candi Cetho di Jenawi dan Candi Sukuh di Ngargoyoso, ia meyakini kunjungan wisata dua candi di lereng Gunung Lawu itu tetap ramai.

“Harga tiket Candi Borobudur saja sudah Rp 30 ribu per orang. Itu pun selalu ramai. Lagipula kenaikan harga tiket Candi Sukuh dan Cetho terhitung wajar,” kata Tarsa.

Jika dirata-rata, lanjut Tarsa, jumlah kunjungan per bulan untuk Candi Cetho mencapai 6 ribu orang. Pada hari Minggu dan tanggal merah bisa 1.500 orang dan mancanegara 300 orang. Dengan adanya promosi 16 agenda di kalender event akan banyak mendorong kunjungan terutama keperluan religi.

“Kita optimis, jumlah kunjungan tidak akan turun,” tambahnya

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge