0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tak Terdaftar DPT, Pemilih Bisa Gunakan KTP

Ilustrasi Pilkada Serentak (merdeka.com)

Solo – Pemilih yang tidak terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT) masih dapat menggunakan hak pilihnya dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada), 9 Desember mendatang. Asalkan memenuhi syarat dan memiliki kartu tanda penduduk (KTP).

“Yang sampai hari pemungutan tidak terdaftar dalam DPT atau DPT Tambahan (DPTb), regulasi masih memberi kesempatan selama orang tersebut memenuhi syarat sesuai yang diatur dalam Peraturan KPU No 4 Tahun 2012. Yakni menggunakan KTP atau dokumen kependudukan lainnya yang diatur dalam Undang-undang Administrasi Kependudukan,” kata Komisioner Divisi Pemuthahiran Data Pemilih, SDM dan Kelembagaan KPU Jawa Tengah, Diana Ariyanti kepada wartawan saat ditemui di kantor KPU Solo, Senin (7/12).

Dokumen lain yang dimaksud dalam UU Adminduk tersebut yakni KTP, KK, surat keterangan kependudukan dan akta pencatatan sipil.

“Yang tidak bisa digunakan adalah surat keterangan tinggal sementara atau surat keterangan dari wilayah lain karena ada warga yang sudah pindah domisili dari tempat dia mencoblos sebelumnya,” ungkap dia.

Diana menambahkan, sejauh ini persiapan penyelenggaran pemungutan di Jawa Tengah sudah siap 100 persen. Pasalnya, sudah 100 persen logistik di kabupaten/kota di Jawa Tengah sudah terdistribusi ke kecamatan/kelurahan.

“Untuk kota memang logistik langsung ke PPS (Panitia Pemungutan Suara), seperti di Solo, Magelang. Melihat tipologinya, untuk kota langsung ke PPS,” beber dia.

Komisioner Divisi Pemutakhiran Data Pemilih KPU Solo, Kajad Pamuji Joko Waskito mengatakan dibolehkannya memilih menggunakan KTP menindaklanjuti putusan Mahkamah Konstitusi pada 2009. Namun, pemilih hanya bisa menggunakan hak pilihnya di TPS sesuai domisili di KTP. Selain itu, pemilih juga baru bisa menggunakan hak pilihnya satu jam sebelum pemungutan suara ditutup dan masih tersedia surat suara.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge