0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tahun Depan, UMKM Akan Dapat Fasilitas IUMK

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Solo, Nur Haryani (timlo.net/setyo puji s)

Solo – Dinas Koperasi dan UMKM Solo menjalin kerjasama dengan sejumlah ritel modern untuk membantu memasarkan produk UMKM. Hal ini agar bisa memanfaatkan peluang pasar tersebut sejumlah pelaku UMKM diminta lebih inovatif dalam menghasilkan produk.

“Guna mendorong pemasaran produk UMKM saat ini kita telah kerjasama dengan retail modern seperti Seven Eleven dan juga Smesco. Hanya saja untuk bisa masuk ke sana ada beberapa syarat, diantaranya packaging harus bagus, kepastian produksi juga terjamin,” ujar Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Solo, Nur Haryani kepada wartawan, Senin (7/12).

Dirinya mengatakan, dari total 43.700 UMKM yang ada di Solo hanya sekitar 2.942 yang aktif melakukan produksi. Guna mendorong upaya pemberdayaan tersebut berbagai pelatihan terus gencar dilakukan.

“Selain pelatihan kita juga mencoba memberikan fasilitas perijinan secara geratis jika ada program pembiayaan dari provinsi,” jelasnya.

Nur menyampaikan, selama ini yang menjadi kendala para pelaku UMKM untuk meningkatkan kualitas produk adalah modal, perijinan dan kemasan. Oleh karena itu selain upaya pelatihan, tahun depan pihaknya juga membeberkan akan ada fasilitas ijin usaha mikro, kecil (IUMK) yang digulirkan pemerintah.

“Saat ini kita masih menunggu Perwali untuk petunjuk pelaksananya di daerah. Dengan IUMK itu para UMKM bisa mendapatkan akses dana KUR dari BRI sebagai tambahan modal usaha,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge