0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

PNS Tak Netral Bakal Ditindak Tegas

timlo.net/heru murdani
Penjabat Walikota Solo, Budi Yulistianto (timlo.net/heru murdani)

Solo – Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kota Solo melakukan deklarasi netralitas dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) 9 Desember 2015 mendatang. Deklarasi tersebut dibacakan langsung oleh Plt Sekretaris DaerahKota Solo, Budy Yulistianto, dan diikuti oleh ratusan PNS di halaman Balaikota, Senin (7/12).

“Aparatur Sipil Negara (ASN) wajib untuk menyukseskan Pilkada serantak pada 9 Desember, dengan cara mendatangi dan memberikan hak suara di masing-masing TPS. Namun sebagai PNS kita harus tetap bisa menjaga netralitas kita,” ungkap Penjabat (Pj) Walikota Budy Suharto, dalam sambutannya.

Menurut Budi, PNS wajib untuk menjaga netralitasnya dengan cara tidak memihak kepada salah satu pasangan calon yang berkompetisi dalam pilkada. Selain itu juga tidak ikut dalam kampanye, serta tidak mengarahkan masyarakat untuk mendukung salah satu calon.

Akan tetapi dengan tegas Budi Suharto menyatakan kepada PNS untuk tidak boleh menyia-nyiakan hak suara yang mereka miliki dengan cara Golput. Selain kepada PNS, Budi juga menyatakan hal itu juga berlaku untuk semua pegawai BUMD milik pemkot Solo.

Dia juga mengancam akan menindak tegas jika ada indikasi PNS yang tidak netral selamamasa kampanye dan masa tenang. Dia mengatakan tindakan tegas akan ditempuh untuk menjaga kondusifitas kota Solo selama Pilkada.

“Jika ada indikasi (PNS tidak netral) bisa dilaporkan, dan akan kita tindak tegas,” tandasnya.

Penjabat Walikota juga mengingatkan bahwa tanggal 9 Desember nanti semua instansi pemerintahan akan diliburkan, dan tidak bisa memberikan pelayanan terhadap masyarakat. Selain itu, pihaknya juga mengaku juga bakal mengkomunikasikan terhadap seluruh instansi swasta BUMN, Perbankan bahkan industri melalui Dinas Sosial Tenaga kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans). Libur sehari ini diberikan untuk masyarakat untuk memberikan kesempatan kepada mereka untuk menggunakan hak pilihnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge