0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ratusan Siswa SD Tamirul Islam Buat Layangan

timlo.net/eko prasetyo
Slamet memberikan contoh membuat layangan (timlo.net/eko prasetyo)

Solo – Ratusan siswa kelas III SD Tamirul Islam membuat ramai-ramai layangan, sambil duduk di citywalk depan Stadion Sriwedari Solo, Senin (7/12). Siswa tersebut dipandu oleh guru kelas IIIA, Slamet Nur Iskandar.

“Pesertanya sebanyak 192 siswa mulai dari Kelas A hingga Kelas H,” jelas Slamet kepada wartawan, di sela-sela acara.

Kegiatan membuat layangan secara massal tersebut, kata Slamet, merupakan kegiatan materi dari Mata Pelajaran Bahasa Jawa. Sehingga petunjuk membuat layangan kepada para siswa oleh guru-guru yang mendamping juga disampaikan dalam Bahasa Jawa.

Sementara itu, Slamet dalam memandu siswa-siswanya dalam membuat layangan, dimulai dengan menyediakan satu bambu dengan lebar 1 sentimeter itu berukuran panjang sekitar 80 sentimeter, sementara satu batang lainnya berukuran panjang sekitar 40 sentimeter.

Kemudian ia meletakkan kedua bambu tersebut secara menyilang dengan titik pertemuan pada sepertiga dari bambu yang paling panjang. Untuk kerangka bambu yang posisinya horisontal, Slamet menimbangnya dengan cara mencari titik tengahnya kemudian mengikatnya dengan benang sampai kedua belah sisi bambu tidak berat sebelah dan tiap sisi harus memiliki panjang yang sama.

Setelah dirasa benar-benar seimbang, Slamet merekatkan kedua bambu tersebut dengan menggunakan tali atau benang. Lalu diikat dan menghubungkan keempat ujung bambu tersebut dengan tali atau benang hingga membentuk wajik.

“Kegiatan itu merupakan kegiatan pembelajaran atau outclass,” jelasnya.

Menurut Slamet, melalui kegiatan tersebut diharapkan anak-anak bisa mendapatkan pengalaman berbeda dari praktik membuat layangan. Sekaligus dengan menggunakan bahasa Jawa, maka melalui interaksi dan komunikasi ini sekaligus untuk memperkenalkan beberapa istilah bahasa Jawa yang saat ini sudah jarang dipakai sehingga tidak lagi dikenal anak-anak.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge