0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Puskesmas Ngrampal Punya Layanan IVA

dok.timlo.net/agung widodo
Bupati Sragen Agus Fatchur Rahman didampingi Kepala Puskesmas Ngrampal, Ani Afifah saat peresmian gedung baru (dok.timlo.net/agung widodo)

Sragen – Mulai Desember tahun ini Puskesmas Ngrampal mempunyai pelayanan IVA (inspeksi visual dengan asam asetat), yaitu untuk deteksi dini penyakit kanker leher rahim. Dengan layanan ini masyarakat di Kecamatan Ngrampal tidak perlu harus pergi ke RSUD atau ke Solo untuk memeriksakan gejala kanker leher rahim.

“Kalau dulu masih pakai Pap Smear, harus ke laboratorium yang besar dulu untuk mengetahui gejala kelainan rahim. Tapi sekarang Puskesmas Ngrampal sudah bisa melayani pemeriksaan IVA,” kata Kepala Puskesmas Ngrampal, dr Ani Afifah, di sela-sela peresmian Gedung Baru Puskesmas Ngrampal, belum lama ini.

Afifah menjelaskan, selain punya peralatan AVA, gedung baru tersebut terdiri dari dua lantai. Lantai pertama digunakan untuk pelayanan masyarakatdan lantai dua untuk administrasi serta aula. Sedangkan anggaran untuk pembangunan gedung sebesar Rp 1.232.120.000 yang berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

Namun demikian Afifah mengakui, sampai sekarang Puskesmas Ngrampal belum mempunyai pelayanan khusus rawat inap seperti beberapa Puskesmas lain di Kabupaten Sragen. Sementara ini hanya terdapat ruang observasi dan ruang IGD dengan 6 tempat tidur.

“Hanya untuk observasi. Pasien yang masuk melalui IGD kita rawat sehari semalam. Kalau sembuh ya pulang, tapi kalau tidak kita beri rujukan untuk rawat inap di rumah sakit,” kata Ani Afifah.

Peresmian gedung baru dilakukan oleh Bupati Sragen Agus Fatchur Rahman. Agus berharap, dengan gedung baru tersebut dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya warga miskin.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge